Selasa, 02 Oktober 2012

Yang Unik-unik di Pulau Muna


 
 
 
 
 
 
Rate This

1. POGIRAHA ADHARA ( MUSTANG FIGHTING )
Pogiraha Adhara ( Mustang Fighting ) adalah salah satu atraksi budaya suku Bangsa Wuna di Propinsi Sulawesi Tenggara. Atraksi ini merupakan atraksi unik dan satu-satunya di dunia. Dengankemampuan yang dimilikinya seorang pawang dapat mengendalikan kuda yang sedang marah dan dalam waktu singkat dapat memulikan mental yang telah kalah dalam pertarungan dan mengembalikannya kearena untuk bertarung.
2. IKAN BUTA
Ikan Buta adalah species ikan yang hidup dalam gua-gua yang ada di Pulau Wuna. Ikan-ikan ini memiliki warna-warnah mencolok seperti merah, kuning dan abu-abu. Ikan buta adalah merupakan spesies endemik yang hanya dapat di temui dalam gua-gua yang ada di Pulau Muna
3. GUA LIANG KOBORI
Gua Liangkobori yang terletak di Pulau Wuna adalah satu-satunya situs purbakala yang ada Suawesi Tenggara . Situs itu berbentuk relief yang ditulis di dinding gua dengan mengunakan zat pewarna yang sampai sat ini belum diketahui jenisnya. Beberapa penelitian mengungkapkan bahwa relief tersebut dibuat sekitar tahun 1500SM. Relief itu menggabarkan peradaban dan kebudayaan Orang Muna yang telah mengenal teknologi kelautan dan Ilmu perbintangan. SitusLiangkobori terletak sekitar 12Km dari Kota Raha Ibu Kota Kabupaten Muna dan dapat ditempuh dengan menggunakan kedaraan umum dengan waktu tempuh sekitar 10 menit.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar